Kuliah Lapangan Mahasiswa MTPBA Mata Kuliah Volcanology 2019

Kuliah lapangan mahasiswa MTPBA mata kuliah Volcanology, yang dibimbing oleh Dr. Ir. Ahmad Rifa’i, MT., diselenggarakan pada tanggal 21 November 2019.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi BPPTKG, dengan tujuan untuk melihat langsung bagaimana monitoring dan metode apa saja yang digunakan untuk melihat aktivitas Gunung Merapi. Penjelasan tentang tipe letusan, titik pos pengamatan, alat dan pengujian laboratorium diberikan oleh tim BPPTKG.

Selanjutnya, mahasiswa mengunjungi Balai Litbang SABO. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari cara kerja dan berbagai inovasi yang telah dilakukan balai SABO untuk mengendalikan sedimen akibat lahar. Mahasiswa diajak ke lapangan, di wilayah Bronggang, untuk melihat bangunan SABO yang di dirikan pasca erupsi Gunung Merapi 2010. Tim dari Balai SABO juga memberikan informasi terkait adanya sistem early warning system untuk tanah longsor yang terjadi akibat curah hujan.

Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke Museum Gunung Merapi. Mahasiswa dapat melihat sejarah letusan, jenis Gunung Api di Indonesia, awal pembetukan Gunung Merapi dan menyasikan pemutaran film Mahaguru Merapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.