[symple_tabgroup] [symple_tab title=”Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2020/2021″]
Jadwal Seleksi Program Pascasarjana UGM Semester Gasal TA 2020/2021
KEGIATAN |
PELAKSANAAN |
Pendaftaran online dan unggah dokumen | 13 Februari –2 Juli 2020 |
Pembayaran biaya pendaftaran | Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. |
Penerimaan dokumen lain (proyeksi keinginan dan draft proposal/tulisan esai) di Program Studi tujuan | 13 Februari –15 Juli 2020 |
Pelaksanaan tes substansi oleh Program Studi tujuan (apabila ada) | s.d. 18 Juli 2020 |
Pengumuman hasil seleksi | 23 Juli 2020 Pukul 22.00 WIB |
Registrasi online bagi yang diterima | 23 – 27 Juli 2020 |
Pengumuman hasil verifikasi registrasi dan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) | 28 Juli 2020 |
Periode pembayaran UKT | 28-30 Juli 2020 |
Pencetakan Bukti Registrasi (di akun) | 3 Agustus 2020 mulai pukul 22.00 WIB |
Pengambilan jas dan foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) | sesuai jadwal masing-masing |
Mulai kegiatan akademik | Akan diumumkan kemudian |
[/symple_tab] [symple_tab title=”Jalur Seleksi Masuk UGM”]
Jalur Seleksi Masuk UGM
Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana T.A. 2017/2018 melalui 3 (tiga) jalur, yaitu:
-
Jalur Reguler Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia.
-
Jalur Kerjasama Diperuntukkan bagi calon pelamar yang biaya pendidikan dibiayai oleh mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.
-
Jalur Internasional Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA).
[/symple_tab] [symple_tab title=”Syarat Calon Pelamar”]
Syarat Pelamar
Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:
1. | Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. |
2. | Ijazah asli atau foto copy Ijazah yang telah dilegalisir. Ijazah S1 atau yang setara dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti.Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI. |
3. | Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir |
4. | Mempunyai transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S1 sebagai berikut:
|
5. | Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau yang setara, dengan ketentuan sebagai berikut :
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut. |
6. | Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik dengan skor minimal 450 dan dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat (pilih salah satu): |
7. | Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal setara ITP TOEFL 400 dan dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah (pilih salah satu):
|
8. | Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif. |
9. | Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta. |
10. | Syarat khusus:
|
11. | Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) |
Nb: Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, TPA, dan Kemampuan Bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada standar Universitas. Silakan menghubungi program studi tujuan. [/symple_tab] [symple_tab title=”Syarat Adminstrasi”]
Syarat Administrasi
Calon peserta program MTPBA adalah Sarjana S1 dalam bidang teknik/rekayasa/enjiniring. Peserta program dapat berasal dari instansi pemerintah dengan status Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMD/BUMN, pengajar perguruan tinggi negeri, instansi swasta, serta perorangan yang bidang tugasnya terkait dengan persoalan dan pengelolaan bencana alam. Untuk dapat diterima sebagai peserta program, calon harus mengikuti proses seleksi, meliputi antara lain sebagai berikut:
- Pemeriksaan ijasah S1 atau kualifikasi akademis lain yang setara S1.
- Lolos ujian wawancara tatap muka atau e-Conference dengan materi umum bidang ilmu yang terkait dengan fenomena bencana alam, serta motivasi.
[/symple_tab] [symple_tab title=”Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran”]
Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dengan kode pembayaran sesuai pada tabel dibawah ini melalui beberapa fasilitas yaitu:
- Pembayaran melalui teller
- Datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN.
- Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode pembayaran (3 digit) 981 diikuti dengan tanggal lahir calon pendaftar dengan format ddmmyyyy.
- Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
- Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id
- Pembayaran melalui ATM Mandiri :
- Pada menu utama, pilihBAYAR/BELI.
- Pilih PENDIDIKAN.
- Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 10005.
- Tekan tombol BENAR.
- Pada isian NIU/Nomor Peserta, masukkan kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy), kemudian tekan tombol BENAR.
- Tekan 1, apabila sudah benar atau tekan CANCEL untuk membatalkan.
- Tekan YA untuk melakukan pembayaran atau tekan TIDAK untuk membatalkan.
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
- Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
- Pembayaran melalui ATM BTN :
- Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAINNYA.
- Pilih PEMBAYARAN.
- Pilih MULTIPAYMENT.
- Pilih PENDIDIKAN.
- Masukkan kode institusi yaitu 0001.
- Tekan tombol BENAR.
- Pada isian No. Siswa/Mhs, masukkan kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
- Tekan BENAR, apabila sudah benar atau tekan SALAH untuk membatalkan.
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
- Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
- Pembayaran melalui ATM BNI :
- Pada menu utama, pilih MENU LAIN.
- Pilih PEMBAYARAN
- Pilih MENU BERIKUTNYA
- Pilih UNIVERSITAS
- Pilih STUDENT PAYMENT CENTER (SPC).
- Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 8002 + kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
- Tekan tombol BENAR.
- Apabila benar maka pilih YA BAYAR untuk melakukan pembayaran.
- Kemudian pilih TABUNGAN.
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
- Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
- Pembayaran melalui ATM BRI :
- Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAIN.
- Pilih PEMBAYARAN.
- Pilih PENDIDIKAN.
- Masukkan kode institusi UGM yaitu 011 + kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
- Tekan tombol BENAR.
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
- Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
Pembayaran melalui internet banking Bank Mandiri
-
Login ke www.bankmandiri.co.id dengan user ID and PIN Internet Banking Mandiri.
-
Pada Menu Utama, pilih Bayar.
-
Pada Menu Bayar pilih Pendidikan.
-
Pada combo box Dari Rekening, pilih rekening yang akan dipakai untuk melakukan transaksi.
-
Pada combo box Penyedia Jasa, pilih 10005 Universitas Gadjah Mada.
-
Pada combo box NIU/No.Peserta, masukkan kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
-
Klik Lanjutkan. Di layar akan tampil jumlah yang harus dibayarkan. Beri tanda centang (√).
-
Apabila data sudah benar, klik Lanjutkan.
-
Masukkan PIN Mandiri (6 digit) sebagaimana tampil di Token PIN Mandiri lalu klik Kirim.
-
Tunggu respon dari sistem internet banking mengenai status transaksi. Apabila sukses, Saudara akan mendapatkan nomor transaksi. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
-
Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.idakan diinformasikan kemudian.
Pembayaran melalui internet banking Bank BNI
-
Login pada internet banking personal di https://ibank.bni.co.id/
-
Pada menu utama, pilih Transaksi.
-
Pada menu Transaksi, pilih Pembelian/Pembayaran.
-
Pada menu Pembelian/Pembayaran, pilih Pembayaran Tagihan.
-
Pada menu Pembayaran Tagiha, pilih Biaya Pendidikan.
-
Pada menu Biaya Pendidikan, pilih: – Tipe layanan: Pembayaran – PerguruanTinggi: Universitas Gadjah Mada – Nomor Tagihan: kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy) – Pilihan Pembayaran: Non Wajib
-
Klik Lanjutkan, maka akan muncul halaman Detil Konfirmasi.
-
Tuliskan nama calon pendaftar dalam field Keterangan.
-
Masukkan challenge number ke dalam token lalu masukkan respon number dari token ke dalam aplikasi. Klik Bayar.
-
Apabila transaksi berhasil akan ditampilkan informasi sebagai berikut: ‘Transaksi pembayaran berhasil dilakukan’.
-
Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
[/symple_tab] [symple_tab title=”Prosedur Pendaftaran”]
Prosedur Pendaftaran
- Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui adanya syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi. klik di sini.
- Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
- Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
- Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
- Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
-
No Dokumen Format 1) Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera). *.jpg 2) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya yang asli atau fotocopi yang telah dilegalisir *.pdf 3) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya yang asli atau fotocopi yang telah dilegalisir (semua halaman) *.pdf 4) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf 5) Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini).: *.pdf 6) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah: - Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat klik disini.
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, contoh sertifikat klik disini.
- Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen, contoh sertifikat klik disini.
*.pdf 7) Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta. Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI. *.pdf 8) Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf 9) Syarat Lain: - Pelamar S2:
- Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
- Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
- Pelamar S3:
- Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
- Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
*.pdf
4. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif. 5. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini. * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun. 6. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana. *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat[/symple_tab] [symple_tab title=”Biaya Pendidikan”]
Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan terdiri dari SPP sejumlah Rp 12.000.000 (tujuh juta rupiah) per semester, serta SBPP yang ditetapkan berdasarkan kegiatan penunjang pendidikan. Kegiatan penunjang adalah aktivitas atau kegiatan yang diselenggarakan selama pendidikan, yang biaya penyelenggaraannya tidak termasuk atau belum ditanggung dalam komponen biaya SPP. Contoh aktivitas atau kegiatan ini antara lain adalah pelatihan pemakaian program aplikasi, kursus Bahasa Inggris, kuliah lapangan, kuliah kerja lapangan, kuliah kerja lapangan ke luar negeri, dsb. [/symple_tab] [symple_tab title=”Leaflet MPBA”]
Leaflet MTPBA
Leaflet dan poster MTPBA tentang penerimaan mahasiswa baru TA 2014/2015 dapat dilihat/download di sini. 1. Leaflet 1 2. Leaflet 2 [/symple_tab] [/symple_tabgroup]